Thursday, July 22, 2010

Home » » skripsi bab 1 ANALISIS SEBUAH KALIMAT MAJEMUK SETARA DALAM KARANGAN SISWA KELAS II SMUN I BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2003/2004

skripsi bab 1 ANALISIS SEBUAH KALIMAT MAJEMUK SETARA DALAM KARANGAN SISWA KELAS II SMUN I BANJARSARI TAHUN PELAJARAN 2003/2004

A.     JUDUL

ANALISIS SEBUAH KALIMAT MAJEMUK SETARA DALAM KARANGAN SISWA KELAS II SMUN I BANJARSARI
TAHUN PELAJARAN 2003/2004

B.     LATAR BELAKANG

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang di ajarkan di sekolah-sekolah diajarkanya  bahasa Indonesia di sekolah-sekolah berkaitan dengan fungsi bahasa sebagai  alat komunikasi, melalui bahasa kita dapat mempereasikan perasaan dan dapat menerima pesan yang disampaikan olreh orang lain. Dengan demikian bahasa diannggap sebagai sarana pennting bagi kehidupan manusia.
Dalam kenyataan bahasa itu tidak lepas dari penggunaan kalimat dengan penggunaan kalimat yang baik dan benar akan menghilangkan kesalah pahaman. Dalam  berkomonikasi arti kalimat sendiri sebagaimana tercantum dalam tata bahasa Indonesia.
Kalimat adalah bagian terkecil ujaran atau teks (wancana) yang  mengungkapkan pikiran yang utuh secara ke tata bahasaan.
Berdasarkan sifat hubungann  antara pola kalimat dapat di golongkan menjadi  3 golongan yaitu  kalimat majemuk setara, bertingkat dan campurann.
Ada fenomena, guru dalam proses belajar mengajar hanya memberikan pokok bahasaan tentang kalimat secara lepas tanpa di hubungkan dengan keterampilan siswa menulis karanggan. Fonema ini tidak baik kalau dibiarkan terus berlangsung guru khususnya, guru bahasa mempunyai kewajiban dan tanggung jawab yang paling besar. Penggunaan berbagai kalimat sangat berpengaruh terhadap keterampilan siswa dalam menulis  karangan dibanding dengann lainya.
Atas dasar latar belakang ini timbul gagasan penulis untuk mengadakann penelitian yang di wujudkan dalam proposal penelitian dengan judul ANALISIS KALIMAT MAJEMUK SETARA DALAM KARANGAN SISWA KELAS II SMUN I BANJARSARI. TAHUN PELAJARAN 2003/2004.

C.     Perumusan masalah

Merumuskan masalah ini  yang akan di bahas dalam suatu penelitian sangat penting karena rumusan masalah akan menentukan terhadap kegiatan yang akan dilakukan, denmikian pula dalam penelitian ini sesuai dengan latar belakang yang telah dilakukan penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.      memapukah, siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI menggunakan kalimat baik dan benar.
2.      Mampukah siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI menggunakan sebuah kalimat majemuk setara dalam karangan siswa
3.      Mampukah siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI  membedakan sebuah kalimat majemuk setara.

D.    Pembatasan Masalah

Pembatasan masalah dalam suatu penelitian sangat penting agar masalah yang diteliti tidak    terlalu luas sehingga tidak menyulitkan dalam prosesnya mengingat hal ini batasan masalah yang akan di bahas dalam penelitian sebagai berikut :
1.      Penggunaan kalimat dalam sebuah karangan  siswa.
2.      Penggunaan kalimat majemuk setara dalam karangan siswa.
3.      Penggunaan kalimat majemuk setara dalam urutan peristiwa.
4.      Penggunaan kalimat majemuk setara dalam urutan peralihan.

E.     Tujuan Penelitian

Berdasarkan masalah-masalah yang telah dirumuskan di atas maka perlu ditentukan tujuan penelitian. Adapun tujuan penelitian sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI menggunakan kalimat majemuk dalam karangan
2.      Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI menggunakan kalimat majemuk setara dalam karangan.
3.      Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI menggunakan kalimat.

F.      Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
1.      Penulis dapat menambah wawasan dann lebih memahami permasalahan yang diteliti.
2.      Guru Bahasa Indonesia, dapat mamberi masukan dalam meningkatkan kualitas belajar siswa dalam mengajarkan kalimat majemuk setara.
3.      Pihak lain, dapat menambah pengetahuan bagi pelajar dan masyarakat yang ingin mengetahui masalah yang diteliti.

G.    Anggapan Dasar dan Hipotesa

1.      Anggapan dasar
Anggapan dasar yang menjadi titik tolak penelitian ini adalah :
1.1  Pengajaran kalimat majemuk setara merupakan salah satu bagian daro pengajaran menulis dan kemampuan berbahasa.
1.2  Siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI perlu memahami dan menguasai kalimat majemuk setara untuk kepentingan praktis dalam penggunaan Bahasa  Indonesia yang baik dan benar.
1.3  Penggunaan kalimat majemuk setara dapat di analisis melalui sebuah karangan
2.      Hipotesa
Berdasarkan anggapan dasar di atas penulis merumuskan hipotesis sebagai     berikut :
2.1  Siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI mampu menggunakan kalimat majemuk setara dalam karangan
2.2  Siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI mampu menggunakan kalimat majemuk setra urutan peristiwa dalam sebuah karangan.
2.3  Siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI  mampu membedakan kalimat majemuk setara dengan kalimat majemuk yang lain.

H.    Metode dan Teknik Penelitian

1.      Metode penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis  karena penelitian ini penulis tidak mengumpulkan data tetapi menganalisis dan menginterpretasi data yang diperoleh.
2.      Teknik Penelitian
Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik penelitian sebagai berikut :
2.1  Teknik Tes
Teknik ini digunakan untuk memperoleh karangan siswa yang akan dijadikan objek  penelitian.
2.2  Studi pustaka
Teknik ini digunakan untuk memeperoleh landasan bahan teori dan berbagai innformasi yang diperlukan untuk memperjelas pengertian dengan membaca buku. Buku yang berhubungan dengan masalah yang penulis teliti.
2.3  Analisis wacana
Penulis menganalisis karangan siswa untuk memperoleh data yang aktual tentang penggunaan kalimat.

I.       Definisi Oprasional

Definisi oprasional merupakan landasann yang dapat memberikan penjelasan dan batasan mengenai masalah yang akan dijadikan objek penelitian. Definisi oprasional yang dapat dikemukakan adalah :
1.      Yang dimaksud analisis dalam penelitian ini adalah proses pemahaman terhadap kalimat majemuk setara dalam karamngan siswa kelas 2 SMUN IBANJARSARI Tahun pelajaran 2003/2004
2.      Yang dimakssud kalimat majemuk setara dalam penelitian ini adalah jenis kalimat yang berdasarkan sifat hubungan antar pola kalimat atau antar kalusa.

J.      Populasi dan Sampel

1.      Populasi
Populasi yang dijadikan sumber datra penulis karangan siswa kelas 2 SMUN I BANJARSARI Tahun 2003/2004 sebanyak 50 orang.
2.      Sampel
Untuk menentukan sampel penulis mengambil karangan siswa sebanyak 5 buah karangan  pengambilan karangan ini secara acak.

K.    Teknik Data

Data yang diperoleh dari sampel digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis penelitian yang digunakan untuk keperluan. Hal itu data yang terkumpul harus diolah dan dianalisis agar memiliki makna yang jelas dalam memecahkan masalah penelitian. 
Share this article :