Thursday, July 22, 2010

Home » » RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia xii/2

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) Bahasa Indonesia xii/2


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 1

Nama Sekolah                   : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester               : XII/2
Pertemuan ke-                   : 1
Alokasi Waktu                   : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi       : Mendengarkan
                                            Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

Kompetensi dasar           : Mengajukan saran perbaikan tentang  informasi yang disampaikan secara langsung   

Indikator                              :
·         Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
·         Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara
·         Menulis ringkasan isi informasi

I.     Tujuan Pembelajaran:
 Siswa dapat :
§         Menemukan dan menentukan pokok-pokok pikiran informasi (pidato, ceramah, khutbah) yang disajikan secara langsung atau dibacakan oleh salah seorang siswa yang ditunjuk.
§         Mengajukan saran dengan menggunakan kalimat saran dan cara yang santun.
§         Memberikan saran perbaikan mengenai isi, sistematika, gaya, dan/ atau kesimpulan.
§         Meringkas informasi yang didengarkan berdasarkan pokok-pokok berita.

II.    Materi Pembelajaran               :
·         Informasi secara langsung
·         pokok-pokok isi informasi
·         cara mengajukan saran
·         ringkasan isi informasi


III.   Langkah Pembelajaran          :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·         Mendengarkan informasi secara langsung berupa rekaman audio-visual/audio, pembacaan teks yang tersedia



10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Mencatat pokok-pokok berita yang tersaji
·         Mengajukan saran perbaikan kepada pembicara dengan menggunakan cara dan bahasa/kalimat yang santun  
·         Menulis ringkasan isi informasi berdasarkan pokok-pokok berita
·          


70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


IV. Sumber/alat/bahan     :
Informasi secara langsung, CD (rekaman) berita dengan topik yang bervariasi dari salah beberapa stasiun televisi di Indonesia.


V.  Penilaian                        :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu       :
·         tugas kelompok   :
·         ulangan                 :

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas        :
·         pilihan ganda       : 
·         jawaban singkat :
                                                                                                Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                   Guru Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                             Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian                :
A. Instrumen                         :
B. Analisis Penilaian           :

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 2

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Mendengarkan
                                            9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan

Kompetensi dasar                                : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui
                                                                  radio/televisi 

Indikator                                                :
·         Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman
·         Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
·         Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan  melalui radio/ televisi/ rekaman

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :
·         Menemukan dan menentukan pokok-pokok informasi yang disajikan
·         Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tantang penyampaian, diksi, intonasi, dan penampilan penyampai informasi
·         Meringkas informasi berdasarkan pokok-pokok gagasan informasi yang disajikan


II.    Materi Pembelajaran     :
Rekaman informasi
·         pokok-pokok isi informasi
·         cara mengajukan saran
·         ringkasan isi informasi


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         Siswa memilah beberapa informasi yang tersedia berdasarkan petunjuk guru



10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Siswa mendengarkan dengan saksama infomrasi yang disajikan di layer televise
·         Siswa mencatat pokok-pokok informasi yang disajikan
·         Siswa mencatat peristiwa yang tidak sesuai dengan standar kaidah membaca berita
·         Siswa mendiskusikan berbagai hal yang berkait dengan penyajian informasi
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         guru menyimpulkan kegiatan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan              :  Rekaman informasi dari radio/ televisi

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu           :
·         tugas kelompok        :
·         ulangan                   :

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas           :
·         pilihan ganda           : 
·         jawaban singkat       :


Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 3

Nama Sekolah             : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : XII/2
Pertemuan                   : 2
Alokasi Waktu              : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi    : Berbicara
                                         10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato .                                                       tanpa teks

Kompetensi dasar                    : Mempresentasikan program kegiatan/proposal 

Indikator                                  :
·         Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·         engemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program kegiatan/ proposal
·         Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan


I.     Tujuan Pembelajaran       :
 Siswa dapat :


II.    Materi Pembelajaran        :
·         Program kegiatan/ proposal
·         Berpresentasi
·         diskusi dengan santun berdiskusi


III.   Langkah Pembelajaran    :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·         memersiapkan susunan program kegiatan/ proposal (yang sudah dipersiapkan dari rumah)


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Mengemukakan program kegiatan/ proposal secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
·         Mendiskusikan program kegiatan yang disampaikan
·         Memperbaiki program kegiatan/ proposal berdasarkan berbagai masukan
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         Refleksi
·         penugasan


10 menit


Sumber/alat/bahan      :


Penilaian                     :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                        :

·         pilihan ganda                       : 

·         jawaban singkat       :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                        Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 4

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Berbicara
                                            10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan  pidato
                                                      tanpa teks
Kompetensi dasar                                : Berpidato tanpa teks dengan lafal,  intonasi, nada, dan sikap yang tepat

Indikator                                                :
·         Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
·         Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·         Memerbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Ide masing-masing siswa
·         Berpidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·         Guru menyampaikan secara ringkas metode dan tujuan pidato


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat *
·         Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
·         Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :


Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 5

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi            : Membaca
                                             11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan  membaca  intensif
Kompetensi dasar                : Menemukan ide pokok suatu teks dengan  membaca cepat 300-350 kata per menit
Indikator                                                :
·     Menemukan ide pokok
·     Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :
II.    Materi Pembelajaran     :
Teks 900 – 1050 kata)
Teknik membaca cepat
Rumus membaca cepat
III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Membaca teks
·         Menemukan ide pokok
·         Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia  
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit
Sumber/alat/bahan               :
Artikel/ berita dari media cetak/ elektronik
Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan
Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :
·         pilihan ganda                   : 
·         jawaban singkat               :
Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 2

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Membaca
                                             11. Memahami ragam wacana tulis  melalui kegiatan membaca cepat dan membaca  intensif


Kompetensi dasar                                :
Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok)  dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif  

Indikator                                                :
·         Menemukan paragraf yang berpola induktif
·         Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
·         Menemukan paragraf yang berpola deduktif
·         Mengidentifikasi ciri-ciri paragraf yang berpola deduktif
·         Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung


I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Teks yang berpola induktif dan deduktif
·    Ciri-ciri paragraf induktif dan deduktif
Kalimat kesimpulan

III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Menentukan kalimat kesimpulan isi teks berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               : Teks dari media cetak/ elektronik


Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 7

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Menulis
                                             12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola


Kompetensi dasar                                :
        Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif 

Indikator                                                :
·   Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka
Menyunting karangan berpola deduktif induktif

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Menulis karangan berpola deduktif dan  induktif dengan memperhatiakn:
·   Ciri-ciri
·   kalimat kesimpulan
·   letak kalimat kesimpulan
penggunaan bahasa

III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·      Menulis karangan yang berpola deduktif dan induktif berdasarkan kerangka (di luar kelas)
·         Menyunting karangan berpola deduktif dan induktif

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Teks dari media cetak/ elektronik

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 8

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 6 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Menulis
                                             12. Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola


12.2Kompetensi dasar                           : Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup


Indikator                                                :
·   Menentukan topik untuk menulis esai
·   Menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·   Menyusun paragraf pembukaan
Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
·   Menyusun paragraf penutup
Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Esa

III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·      Membaca contoh esai
·      Mengidentifikasi ciri-ciri esai
·      Menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
·         Memperbaiki essay (dengan mempertimbang kan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               : Contoh esai dari media cetak/ elektronik


Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 9

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Mendengarkan
                                             13. Memahami pembacaan teks drama


Kompetensi dasar                                : Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan     

Indikator                                                :
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar


I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Teks drama
Unsure-unsur intrinsic (tema, penokohan, latar, alur, amanat

III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·   Mendengarkan pembacaan teks drama
·   Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang didengar melalui pembacaan
·   Mendiskusikan unsur intrinsik  teks drama yang didengar
·         Melaporkan hail diskusi

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Buku kumpulan drama

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 10

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Mendengarkan
                                             13. Memahami pembacaan teks drama


Kompetensi dasar                                :
Menyimpulkan isi drama melalui  pembacaan teks drama 

Indikator                                                :
·   Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Teks drama
·   Simpulan isi drama


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
·         Mendiskusikan kesimpulan isi teks drama
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Buku kumpulan drama

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 2

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : : Berbicara
                                     14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi dasar                                :
Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  

Indikator                                                :
·   Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·   Membacakan gurindam
·   Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
·   Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Teks gurindam
·    Ciri-ciri gurindam
Nilai-nilai (budaya, agama, estetika, moral)

III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
·         Membacakan gurindam
·         Mendiskusikan ciri-ciri dan nilai-nilai dalam gurindam yang didengar
·         Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam yang didengar
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               : Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana
Gurindam duabelas, Raja Ali haji


Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 2

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Berbicara
                                     14. Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

Kompetensi dasar                                :
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari

Indikator                                                :
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·   Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam


I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Teks gurindam
Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan sehari-hari

III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·   Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
·         Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Puisi Lama, Sutan Takdir Alisjahbana

Buku yang memuat gurindam

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 13

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Membaca
                                     15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode


Kompetensi dasar                                : 1Mengidentifikasi   tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer


Indikator                                                :
·   Mengidentifikasi tema puisi kontemporer
·   Mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer
·   Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer



I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Kumpulan puisi kontemporer
·   Cirri-ciri puisi kontemporer
·   Tema puisi kontemporer
·   Bentuk puisi kontemporer
·   Diksi


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·      Membaca kumpulan puisi kontemporer (Misalnya : Malu Aku Jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail)
·      Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
·      Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
·         Mendiskusikan tema dan ciri-ciri puisi

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Pengkajian Puisi

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 14

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi            : Membaca
                                     15. Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan  karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode


Kompetensi dasar                                :
15.2Menemukan perbedaan karakteristik  angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode   

Indikator                                                :
·   Menentukan hasil-hasil karya sastra penting pada tiap periode
·   Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·   Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)  
I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Karya sastra berdasarkan periodisasi
·   Karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode
Perbedaan karakteristik karya sastra setiap angkatan/ periode

III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·      Membaca karya sastra dari tiap periode                
·      Mengidentifikasi karakteristik karya sastra pada tiap periode
·      Menemukan perbedaan karakteristik  tiap periode
·         Mendiskusikan karya-karya pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll) 

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Leksikon Sastra Indonesia, Satrya Graha Hoerip

Karya sastra setiap periode

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 15

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             :
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi          : Menulis
                                              16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

Kompetensi dasar                                :
Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai


Indikator                                                :
·   Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·   Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra


I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Kritik dan esai
·    Ciri-ciri kritik dan esai
·    Perinsip penulisan kritik dan esai


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Membaca kritik dan esai
·         Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai sastra
·         Menjelaskan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai sastra
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Kritik sastra, H.B. jassin

Buku yang terkait dengan kritik dan esai

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 16

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 6 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi          : Menulis                                              16. M.engungkapkan pendapat dalam bentuk  kritik dan esai

Kompetensi dasar                                :
Menerapkan prinsip-prinsip  penulisan kritik dan esai  untuk mengomentari  karya sastra  

Indikator                                                :
·   Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip kritik dan essay
·   Menyunting tulisan kritik dan esai sastra

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :
Pengembangan gagasan atau  pendapat untuk menulis kritik dan esai
·    Ciri-ciri kritik dan esai
·    Perinsip penulisan kritik dan esai
·    Cara menulis kritik dan esai


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·         Menulis kritik dan esai sastra dengan menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
·         Menyunting tulisan kritik dan esai sastra
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :
Kritik sastra, H.B. Jassin
Buku yang terkait dengan kritik dan esai

Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 2

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi          :

Kompetensi dasar                                :

Indikator                                                :

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :


Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nomor: 2

Nama Sekolah                       : Madrasah Aliyah PPMI Assalaam
Mata Pelajaran                       : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                   : XII/2
Pertemuan                             : 2
Alokasi Waktu                       : 4 x 40 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi          :

Kompetensi dasar                                :

Indikator                                                :

I.     Tujuan Pembelajaran    :
 Siswa dapat :

II.    Materi Pembelajaran     :


III.   Langkah Pembelajaran                :

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1
Kegiatan Awal
·          


10 menit

Diskusi, Penugasan, performasi
inkuiri
2
Kegiatan Inti
·          

70 menit
3
Kegiatan Akhir
·         Guru menyimpulkan permasalahan hari ini
·         refleksi


10 menit


Sumber/alat/bahan               :


Penilaian                                :
Jenis Tagihan:
·         tugas individu
·         ulangan

Bentuk Instrumen:
·         uraian bebas                   :

·         pilihan ganda                   : 

·         jawaban singkat               :

Sukoharjo, 01 Juni 2007
Mengetahui,
Kepala Madrasah Aliyah,                                                                        Pengampu Mata Pelajaran,



Sigit Rahardja, S.Si                                                                                  Drs. Wisnu Sujianto


Analisis penilaian

Share this article :