Contoh Rencana Program Pengajaran
Jenjang satuan pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas : I (satu)
/Semester : I (satu)
Standar Kompetensi : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
Kompetensi Dasar | Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa |
Indikator | Mampu menyebutkan perbedaan jenis kelamin Mampu menyebutkan perbedaan agama yang dianut siswa Mampu menyebutkan perbedaan suku bangsa Mampu menjelaskan ciri-ciri laki-laki dan perempuan Mampu menjelaskan ciri agama yang dianut Mampu menjelaskan ciri suku bangsa Mampu menghormati perbedaan laki-laki dan perempuan Mampu menghormati perbedaan agama yang dianut Mampu menghormati perbedaan suku bangsa |
Tujuan Pembelajaran | Mengetahui perbedaan jenis kelamin Mengetahui perbedaan agama yang dianut siswa Mengetahui perbedaan suku bangsa Mengetahui ciri-ciri laki-laki dan perempuan Mengetahui ciri agama yang dianut Mengetahui ciri suku bangsa Membiasakan menghormati perbedaan laki-laki dan perempuan Membiasakan menghormati perbedaan agama yang dianut Membisakan menghormati perbedaan suku bangsa |
Materi Pokok | Perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa |
Metode Pembelajaran | Diskusi Ceramah Penugasan Pengamatan Demonstrasi/peragaan |
Langkah Kegiatan Kegiatan awal | Apersepsi Guru bertanya kepada siswa, dan menunjuk salah satu siswa untuk menjawab, apa jenis kelamin, agama, dan suku bangsa Guru menunjukkan gambar rumah adat, masjid, gereja, kuil, dan vihara, dst,. |
Kegiatan Inti | Menjelaskan tentang perbedaan jenis kelamin Menjelaskan tentang perbedaan agama Menjelaskan tentang perbedaan suku bangsa Siswa ditugaskan untuk bertanya kepada temannya tentang keaneragaman suku bangsa yang ada di dalam kelas Diskusikan dengan kelompok tentang perbedaan jenis kelami yang ada di dalam kelas Siswa ditugaskan mengambil gambar sesuai dengan jenis kelamin Siswa ditugaskan mengambil gambar tempat ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya Siswa ditugaskan untuk mengambil gambar sesuai dengan jenis kelamin Siswa ditugaskan untuk menempelkan gambar rumah ibadat sesuai dengan pemimpin agamanya Diskusikan perbedaan suku bangsa yang ada di dalam kelas |
Kegiatan Akhir | Menempelkan hasil pekerjaan siswa dan dijadikan pajangan di kelas Melakukan tes Membuat kesimpulan tentang jenis kelamin, agama, dan suku bangsa yang ada di kelas bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahwa agama yang dianutnya dilindungi oleh negara |
Alat dan Sumber belajar | Buku Orangtua Teman Lingkungan sekolah |
Penilaian | Tes lisan Tes tertulis Skala sikap Tes performance |
TUGAS 1
Tempelkan gambar yang kamu anggap cokok?
PEREMPUAN | |
LAKI-LAKI | |
MASJID | |
GEREJA | |
FIHARA | |
KUIL | |
RUMAH ADAT | |
PAKAIAN ADAT | |
PAK TANI | |
GURU | |
DOKTER | |
ABRI | |
NELAYAN | |
PEGAWAI | |
BURUH | |
TUGAS 2
Mengamati gambar siswa, dan diminta untuk menceritakan keadaan sedang apa?
Gambar pak tani di sawah | Komentar siswa |
Gambar Puskesmas | Komentar siswa |
Gambar ibu di dapur | Komentar siswa |
Gambar orang sedang bekerja bakti | Komentar siswa |
Gambar orang di depan mesjid | Komentar siswa |
Gambar orang di depan Gereja | Komentar siswa |
Gambar Polisi di pinggir jalan sedang mengatur lalu lintas | Komentar siswa |
Gambar guru di kelas | Komentar siswa |
Gambar orang sedang menari daerah | Komentar siswa |
Gambar siswa di lingkungan sekolah | Komentar siswa |
Gambar tumpukan sampah | Komentar siswa |