Friday, July 23, 2010

Home » » kemampuan masyarakat Pangandaran dalam mengolah atau memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia

kemampuan masyarakat Pangandaran dalam mengolah atau memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia



JUDUL  : PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI KECAMATAN PANGANDARAN KABUPATEN CIAMIS

I.              PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Sudah merupakan suatu hal yang umum, bahwa di beberapa daerah di wilayah negara kita atau di beberapa negara di dunia, dalam membangun daerahnya atau negaranya mempunyai tingkat perkembangan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Ada daerah yang mempunyai tingkat perkembangan yang cepat ada pula daerah yang tingkat perkembangannya biasa saja dan bahkan ada yang mempunyai tingkat perkembangan yang agak lambat.
Kemampuan untuk berkembang suatu daerah banyak dipengaruhi oleh tiga unsur pokok yang meliputi : tersedianya sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kemampuan teknologi. Ketiga unsur tersebut saling berkaitan erat. Sumber daya alam merupakan kekayaan yang telah disediakan alam untuk dimanfaatkan oleh manusia seperti tanah, air, sinar matahari, mineral, dan sumber daya hayati.
Sutaatmadja membagi sumber daya menjadi dua bagian, yaitu: sumber daya alam (natural resources) dan sumber daya manusia (human resources). Sumber daya alam meliputi tanah, air, sinar matahari, iklim, mineral, dan benda biologis. Sedangkan sumber daya manusia yang dapat dimanfaatkan dari manusia meliputi tenaga fisik, pikiran, dan kepemimpinannya. Oleh karena itu sumber daya ini dikelompokkan menjadi dua yaitu sumber daya kerja dan sumber daya mental berupa keahlian dan kepemimpinannya.
Dinamika penduduk dan kemampuan manusia berupa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kunci utama keberhasilan dalam memanfaatkan sumber daya alam tadi. Dengan kata lain, terdapat hubungan antara unsur manusia dan unsur alam. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mempunyai peranan yang besar dalam memanfaatkan sumber daya, sehingga terjadi interaksi, interelasi dan integrasi antara manusia dengan sumber daya tersebut. Realisasinya berupa aktivitas manusia di daerah yang bersangkutan dalam memanfaatkan sumber daya tadi.
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa penyebaran penduduk dan sumber daya tidak merata dan terpencar-pencar pula. Indonesia yang sedang membangun ini mempunyai tiga masalah pokok yaitu : pemerataan penyebaran penduduk untuk dapat memanfaatkan potensi sumber daya yang tersebar, memperbaiki lingkungan hidup dari wilayah yang sudah lama ditempati dan padat penduduknya, dan pemerataan pendapatan serta perluasan kesempatan kerja.
Seperti halnya dengan daerah lain, kini desa-desa di kecamatan Pangandaran sedang giat-giatnya membangun dengan memanfaatkan segala potensi yang ada. Dengan demikian tidak terlepas dari permasalahan. Masalah-masalah tersebut diantaranya adalah keadaaan geografis yang menyebabkan sumber daya yang tidak merata, tingkat pendidikan dan teknologi yang masih rendah dan fasilitas transportasi serta komunikasi yang masih kurang. Sehubungan dengan masalah-masalah tersebut mau tidak mau merupakan faktor yang menghambat lajunya pembangunan. Meskipun demikian mungkin dapat merupakan faktor pendorong untuk lebih giat lagi dalam membangun daerahnya.
1.2         Identifikasi  Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang  tersebut, maka penulis mengangkat masalah penelitian sebagai berikut :
1.       Bagaimanakah tingkat kemampuan masyarakat Pangandaran dalam mengolah atau memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia?
2.       Bagaimanakah tingkat kemampuan masyarakat Pangandaran dalam  memanfaatkan sumber daya manusia yang ada?
1.3         Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk :
1.3.1   Mengetahui potensi sumber daya alam yang tersedia di masyarakat kecamatan Pangandaran.
1.3.2   Mengetahui potensi sumber daya manusia masyarakat kecamatan Pangandaran.

1.4         Kegunaan Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk :
a.        memberikan gambaran tentang potensi sumber daya alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat
b.       memberikan gambaran tentang potensi sumber daya manusia yang dimanfaatkan oleh masyarakat
1.5         Kerangka Penelitian
1.5.1        Sumber Daya Alam
Yang dimaksud dengan sumber daya alam adalah segala potensi yang disediakan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam ini meliputi : tanah, air, sinar matahari, iklim, mineral dan benda biologis. Dalam arti sempit, sumber-sumber alam adalah aspek asli dari alam yang tidak diubah bentuknya oleh manusia contohnya seperti sinar matahari. Sedangkan dalam arti luas, sumber-sumber alam termasuk benda-benda, tenaga-tenaga, keadaan yang berhubungan dengan aspek-aspek alam lainnya yang dibentuk oleh manusia dan menjadi dasar, menbentuk, mempengaruhi atau merupakan campuran landscape alam dan kebudayaan yang disusun oleh manusia modern. Sumber daya alam yang terdapat di kecamatan Pangandaran diantaranya yaitu : pantai, hutan pertanian, ekowisata dan gua.
1.5.2        Sumber Daya Manusia
Manusia tidak hanya berfungsi sebagai konsumen sumber daya alam, melainkan juga dapat menjadi sumber daya bagi manusia itu sendiri. Sumber daya yang dapat dimanfaatkan dari manusia meliputi tenaga fisik, pikiran dan kepemimpinan. Sedangkan sumber daya manusia yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah potensi manusia berupa tenaga kerja, pendidikan dan teknologi yang dimanfaatkan untuk pembangunan.
1.6         Hipotesis
Hipotesis adalah jawaban sementara dari permasalahan yang ada. Dengan hipotesis inilah yang akan kita jadikan sebagai landasan penelitian yang akan dilaksanakan. (Sutaatmadja).  Hipotesis dalam penelitian ini adalah :
a.         pemanfaatan sumber daya alam di Pangandaran dipengaruhi oleh morfologi, iklim dan keadaan lingkungan masyarakat setempat.
b.        pemanfaatan sumber daya manusia di Pangandaran dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan teknologi masyarakat setempat.

II.           STUDI KEPUSTAKAAN

A.     Relasi Manusia dan Lingkungan

B.     Sumber Daya Alam

1.      Udara, Air dan Sinar Matahari sebagai pendukung kehidupan
2.      Batuan dan Mineral
3.      Energi
4.      Sumber Daya Hayati
5.      Tanah sebagai sumber daya Pertanian

C.     Sumber Daya Manusia

1.      Kuantitas dan Kualitas Penduduk
2.      Pendidikan
3.      Angkatan Kerja

D.    Teknologi


III.        METODOLOGI PENELITIAN

3.1         Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Yang dimaksud metode deskriptif adalah suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan saat sekarang. Metode deskriptif mempunyai ciri-ciri bahwa masalah yang diteliti berkenaan dengan masalah yang terjadi sekarang dan data yang didapat, disusun kemudian dianalisis.
Variabel-variabel penelitian adalah :
X1        =   sumber daya alam
X2           =   sumber daya manusia
Y         =   Perkembangan desa
                                  



3.2         Waktu Penelitian dan Lokasi
Waktu penelitian direncanakan akan memakan waktu sekitar 5 – 6 bulan dan lokasinya di kecamatan Pengandaran kabupaten Ciamis.
3.3         Populasi dan Sampel
Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin hasil menghitung ataupun pengukuran kuantitatif mengenai karakteristik tertentu dari semua anggota kumpulan yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat-sifatnya (Sudjana, 1996, h. 5). Populasi dalam penelitian ini adalah semua desa yaang ada di kecamatan Pangandaran terutama masalah yang berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia.
Sampel adalah bagian dari populasi. Sebagian yang diambil dari populasi disebut sampel (Sudjana, 1996, h. 6). Sampel yang akan diambil sebanyak 2 desa yang terdiri dari desa yang akan mewakili daerah pedataran dan daerah perbukitan.
3.4         Teknik Pengumpulan Data
Untuk menjawab masalah dan mendukung hipotesis diperlukan data yang sesuai dengan masalah tadi. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik-teknik pengumpulan data sebagai berikut :
3.4.1        Observasi
Teknik observasi ini digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang daerah yang akan diteliti dengan cara mengamati secara langsung objek-objek yang ada di lapangan dalam hal ini aktivitas memanfaatkan sumber daya alam.
3.4.2        Wawancara
Teknik ini dilaksanakan dengan wawancara langsung dengan penduduk yang dijadikan sampel penelitian. Selain dengan penduduk juga dilakukan dengan para tokoh masyarakat, pejabat pemerintah setempat serta para ahli untuk mengetahui seberapa besar pemanfaatan sumber daya manusianya yang dapat digunakan bagi berlangsungnya pembangunan.
3.5         Pengujian Hipotesis (Rancangan Analisis)
Untuk menganalisis data yang telah diperoleh penulis menggunakan prosentasi dan metode analisis uji Chi Kuadrat () dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.       Tes Normalitas Distribusi
b.      Perhitungan nilai z
c.       Penentuan nilai z dengan probabilitas error 5 %
d.      Pengujian hipotesis
Share this article :