Friday, July 23, 2010

Home » » faktor-faktor geografi yang menyebabkan banjir di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

faktor-faktor geografi yang menyebabkan banjir di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung



BAB I

PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang Masalah

Banjir merupakan masalah yang serius, bukan saja bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia tetapi juga bagi negara yang sudah maju seperti halnya negara Eropa. Hujan merupakan faktor penting dalam terjadinya banjir, jika terjadi semata-mata karena curah hujan yang lebat maka banjir itu bencana. Tetapi banjir yang frekuensi dan intensitasnya makin meningkat bersumber pada ulah manusia, seperti makin luas permukaan tanah yang tertutup bangunan, jalan, tempat parkir mobil dan kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan.

Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya banjir yaitu dengan mengetahui faktor-faktor geografi yang berpengaruh terhadap terjadinya banjir. Hal ini akan tercapai apabila didukung dengan adanya partisipasi masyarakat dengan kesadaran menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan juga para aparat yang terkait.
Sampai sejauh ini pemerintah belum bersikap serius dalam menangani musibah banjir khususnya di wilayah Kabupaten Bandung telah melanda 12 kecamatan dan 32 desa dengan kerugian mencapai Rp. 827,9 juta. Rumah yang terendam mencapai 7.085 kk, jalan raya sepanjang 4,9 km, 19 sekolah dan madrasah dan 1.658 hektar sawah serta 350 hektar kolam ikan. (Satkorlak PBP, 2002)
Di Kecamatan Rancaekek banjir menggenangi 11 desa juga merendam 777,5 hektar sawah, 13 SD dan 3 SMP sehingga para siswa mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar. Salah satu penyebab banjir di kecamatan ini yaitu karena sungai Citarik bersama dengan beberapa anak sungai lainnya mulai menyempit diujungnya, hingga air hujan tak tertampung lalu meluap ke sawah dan perkampungan.
Dalam upaya mencegah bencana banjir yaitu dengan menormalisasikan sungai Citarik, sungai Cikijing dan sungai Cimande, misalnya dengan cara pengerukan lumpur atau dengan cara membuat sumur resapan setiap rumah dan memanen air hujannya. Serta kita juga perlu mengetahui faktor-faktor geografi apa saja yang menyebabkan banjir sehingga dapat memudahkan dalam menanganinya.
Untuk mengetahui faktor-faktor geografi yang menyebabkan banjir di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung perlu diadakanya penelitian.

B.      Perumusan Masalah

Melihat dari latar belakang permasalahnya tadi, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :

Faktor-faktor geografis apakah yang berpengaruh terhadap terjadinya banjir di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.


C.     Pembatasan Masalah

Untuk mengarahkan penelitian dalam memecahkan masalah penulis membatasi permasalahan sebagai berikut :

Faktor-faktor fisis (iklim, hidrologi, geomorfologi) dan faktor-faktor manusia (kepadatan penduduk, perilaku penduduk) apakah berpengaruh terhadap terjadinya banjir.

D.    Hipotesis

Hipotesis merupakan jawaban sementara atas pertanyaan yang diajukan berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Jawaban sementara yang penulis kemukakan yaitu :

Faktor-faktor geografi yang berpengaruh terhadap terjadinya banjir di Kecamatan Kabupaten Bandung disebabkan oleh faktor fisis (iklim, hodrologi, geomorfologi) dan faktor manusia (kepadatan penduduk, perilaku penduduk)

E.      Tujuan Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan :
1.      Untuk mengkaji terjadinya banjir di Kecamatan Rancaekek
2.      Untuk mengkaji keberadaan faktor-faktor geografi yang berpengaruh terhadap banjir di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung.

Share this article :