BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Hasil belajar merupakan hasil akhir dari suatu proses belajar mengajar yang dapat dijadikan indikator bagi ketercapaian sasaran yang telah ditentukan (Winkel, 1983 : 8). Hasil belajar antara seseorang dengan orang lain tidak selamanya sama, hal ini dimungkinkan karena terdapat faktor tertentu dalam diri individu yang menyebabkan hasil belajar tidak sama. Djamhur dan M.Surya dalam (Rahmah Rini Saparini, 1990 : 4 - 5) mengemukakan beberapa hal yang dapat menyebabkan perbedaan dalam hasil belajar individu diantaranya: kecerdasan, kecakapan, bakat, sikap kebiasaan pengetahuan, cita-cita, minat, kebutuhan, latar belakang lingkungan, ciri jasmani.
Salah satu faktor yang berpengaruh dalam hasil belajar adalah minat. The Liang Gie (1993 : 12 ) mengemukakan bahwa : “ Minat selain memungkinkan pemusatan pikiran juga akan memungkinkan kegembiraan dalam usaha belajar, keriangan hati akan memperbesar daya kemampuan belajar seseorang dan juga membantunya tidak mudah melupakan apa yang dipelajarinya”.
Minat adalah gejala psikis yang berkaitan dengan objek atau aktivitas yang menstimulir perasaan senang pada individu (Doyles dalam Wayan Nurkancana, 1986 : 229). Segala jenis kegiatan tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan tanpa didasari oleh minat untuk melakukan kegiatan tersebut (Elan Suherlan, 1992 : 9). Belajar merupakan suatu kegiatan yang akan membuahkan hasil yang baik bila siswa berminat untuk mempelajari materi pelajaran yang diajarkan .
Oemar Hamalik (1981 : 80), mengemukakan bahwa minat studi turut mendorong motivasi perbuatan belajar dan turut menentukan keberhasilan belajar siswa. Dari penjelasan, nampak bahwa minat cukup menentukan hasil belajar seseorang. Apabila seseorang mempunyai minat yang baik terhadap suatu obyek maka kemungkinan ia dapat mencapai hasil belajar yang baik dalam obyek yang diminatinya itu. Minat dalam diri seseorang terhadap suatu masalah yang menyangkut bidang studi tertentu mendorong orang untuk mendalami lebih jauh pelajaran yang diminati tersebut. Kurt Singer (1987 : 78) berpendapat bahwa minat adalah suatu landasan yang paling meyakinkan demi keberhasilan proses belajar. Bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, maka siswa tidak akan belajar sebaik-baiknya.
Dari kenyataan yang terdapat di lapangan banyak siswa yang hasil belajarnya dalam mata pelajaran Biologi tidak sesuai dengan yang diharapkan diantaranya pada pokok bahasan keanekaragaman hayati. Hal ini kemungkinan berkaitan dengan minat siswa dalam mata pelajaran tersebut. Dari latar belakang dan pengalaman di lapangan, tampak bahwa pokok bahasan keanekaragaman hayati kurang menarik bagi siswa, serta hasil ulangan formatif terhadap pokok bahasan keanekaragaman hayati relatif rendah ?. Hal tersebut membuat penulis merasa perlu melakukan penelitian mengenai hubungan antara minat siswa terhadap pelajaran Biologi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi (pada pokok bahasan keanekaragaman hayati di Kelas I SMU PGRI 37 Kurnia Garut ).
B. Rumusan Masalah
Dari uraian di atas, permasalahan tersebut: Apakah terdapat hubungan yang positif antara minat siswa terhadap pelajaran biologi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi pada pokok bahasan keanekaragaman hayati di kelas I SMU PGRI 37 Kurnia Garut.
C. Batasan Masalah
Untuk lebih terarahnya penelitian ini, peneliti membatasi masalah sebagai berikut :
1. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas I pada Catur Wulan I.
2. Minat yang dimaksud adalah minat siswa pada pembelajaran bahasan keanekaragamaan hayati berdasarkan hasil angket.
3. Hasil belajar yang dimaksud adalah hasil tes formatif setelah diberi pelajaran pokok bahasan keanekaragamaan hayati.
D. Definisi Operasional
1. Minat adalah derajat preferensi atau pilihan suka atau tidak suka pada pembelajaran pokok bahasan keanekaragaman hayati.
Hasil belajar adalah pengetahuan yang diperoleh siswa setelah diberi pelajaran tentang bahasan keanekaragaman hayati yang dapat diukur melalui tes tertulis.
E. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang jelas tentang hubungan antara minat siswa terhadap pelajaran Biologi dengan hasil belajar siswa Kelas I SMU PGRI 37 Kurnia pada pokok bahasan keanekaragaman hayati.
F. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat sebagai berikut : Memberi masukan kepada guru, agar mampu menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien bagi siswa, sehingga siswa dapat merasakan makna belajar dari proses belajar yang dialaminya dan dapat menumbuhkan minat siswa dapat belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Andi Mappiare, (19820). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
Abin Syamsuddin,(1990). Psikologi Kependidikan. FIP IKIP Bandung: Tidak Dipublikasikan.
Agus Irianto, (1998). Statistika Pendidikan. (1). Jakarta: Depdikbud.
Crow & Crow, (1953). Child Psychology. USA: Basnes and Noble Books.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (1994). GBPP Kurikulum SMU 1994. Jakarta: Depdikbud Republik Indonesia.
Elizabeth Hurlock, (1993). Perkembangan Anak-anak. Jakarta : Balai Pustaka.
Elan Suherlan, (1992). Memantau Minat Calon Mahasiswa yang Diterima Melalui Penelusuran. Laporan Penelitian IKIP Bandung : Tidak Dipublikasikan.
Kurt Singer, (1987). Membina Hasrat Belajar di Sekolah. Bandung : Remaja Karya.
Karno To, (1996) Mengenal Analisis Tes. Bandung : FIP IKIP Bandung.
Winkel, (1983). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Gramedia.
Moh. Surya, (1981). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa.
Moh. Ali, (1992). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung Angkasa.
Oemar Hamalik, (1981). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Bandung : Pustaka Mutiara.
Ratna W. Dahar, (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta : Depdikbud Dikti Proyek Pengembangan LPTK.
Rahmah Rini Saparini, (1990). Persepsi dan Minat Terhadap Koperasi Serta Prestasi Belajar di SMA Hubungannya dengan Prestasi Belajar Mahasiswa IKOPIN Sumedang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Dunia Usaha FPIPS IKIP Bandung.
Sudjana, (1992). Metoda Statistika. Bandung : Tarsito.
Suharsini Arikunto, (1993). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Bhineka Cipta.
Slameto, (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Tri Supeni, Nawangsari Sugiri, Siti Sutarmin, Yan Piet Talumewa, (1995). Biologi IA. Jakarta : Erlangga.
The Liang Gie, (1983). Cara Belajar Yang Efisien. Yogyakarta : YGM.
Witherington, (1963). Psikologi Pendidikan. ( Terjemahan M. Buchori).
Wayan Nurkancana, (1986). Evaluasi Pendidikan . Surabaya : Usaha Nasional
Winarno Surakhmad, (1979). Psikologi Umum dan Sosial. Jakarta : PT. Jasanku.
Anis Afifah, (1979). Hubungan Antara Minat Siswa SLTP Kelas I Terhadap Pelajaran Biologi dengan Prestasi Belajarnya. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP Bandung.
Endi Nurgana, (1985). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : CV. Permadi.
HUBUNGAN ANTARA MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN BIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI
(Pada Pokok Bahasan Keanekaragaman Hayati di Kelas I SMU PGRI 37 Kurnia Garut)
PROPOSAL PENELITIAN
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Penyusunan
Skripsi Pada Program Studi Pendididikan Biologi
Oleh :
ASEP NUGRAHA MA’MUN
NIM. 982154146
![]() |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA
2002
Diketahui Oleh :
Pembimbing I Pembimbing II
Drs. Edi Hernawan. M.Pd. Drs. Enan Darmansyah. M.Pd.
NIP : 131 127 856 NIP : 131 625 417