RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 23 BANDUNG
KELAS/PROGRAM : X ( Sepuluh )
SEMESTER : I ( Satu )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit.
PERTEMUAN KE : 10 ( Sembilan )
I. Standar Kompetensi :
Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
II. Kompetensi Dasar :
Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
III. Indikator :
Melakukan gerak dasar langkah pada aktivitas ritmik tanpa alat
Melakukan gerak dasar lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat
Melakukan rangkaian gerak dasar langkah dan lompat pad aktivitas ritmik tanpa alat
IV. Materi Pokok :
Gerak Ritmik
Rangkaian gerak dasar langkah
Rangkaian gerak dasar melompat
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Berbaris, berdoa.
2. Peregangan dan pemanasan
b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode )
1. Secara klasikal berlatih gerak dasar langkah di tempat, melangkah kanan ke kiri, maju mundur, melangkah silang depan pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
2. Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama
3. Secara klasikal berlatih gerak dasar melompat pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
4. Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama
c. Penutup (Antara lain : Refleksi)
1. Berbaris kmudian duduk istirahat
2. Koreksi secara keseluruhan
3. Absensi
VI. Media dan Sumber Belajar :
Buku paket Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas X, Surakarta, Yudhistira, 2004
VII. Penilaian dan Tindak Lanjut
a. Penilaian : - Proses
- Hasil
b. Tindak lanjut
Bandung, Juli 2006
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 23 Bandung Guru Mata Pelajaran
Drs. Wardoyo, M.MPd
Pembina Tk. I Didin Rahmat SP.d
NIP 131275658 NIP. 132 108 311
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 23 BANDUNG
KELAS/PROGRAM : X ( Sepuluh )
SEMESTER : I ( Satu )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit.
PERTEMUAN KE : 10 ( Sembilan )
I. Standar Kompetensi :
Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
II. Kompetensi Dasar :
Mempraktikkan keterampilan gerak dasar langkah dan lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat serta nilai kedisiplinan, konsentrasi dan keluwesan
III. Indikator :
Melakukan gerak dasar langkah pada aktivitas ritmik tanpa alat
Melakukan gerak dasar lompat pada aktivitas ritmik tanpa alat
Melakukan rangkaian gerak dasar langkah dan lompat pad aktivitas ritmik tanpa alat
IV. Materi Pokok :
Gerak Ritmik
Rangkaian gerak dasar langkah
Rangkaian gerak dasar melompat
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Berbaris, berdoa.
2. Peregangan dan pemanasan
b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode )
1. Secara klasikal berlatih gerak dasar langkah di tempat, melangkah kanan ke kiri, maju mundur, melangkah silang depan pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
2. Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama
3. Secara klasikal berlatih gerak dasar melompat pada senam irama dengan mengikuti contoh yang diberikan.
4. Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar lompat untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama
c. Penutup (Antara lain : Refleksi)
1. Berbaris kmudian duduk istirahat
2. Koreksi secara keseluruhan
3. Absensi
VI. Media dan Sumber Belajar :
Buku paket Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas X, Surakarta, Yudhistira, 2004
VII. Penilaian dan Tindak Lanjut
a. Penilaian : - Proses
- Hasil
b. Tindak lanjut
Bandung, Juli 2006
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 23 Bandung Guru Mata Pelajaran
Drs. Wardoyo, M.MPd
Pembina Tk. I Didin Rahmat SP.d
NIP 131275658 NIP. 132 108 311