RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 23 BANDUNG
KELAS/PROGRAM : X ( Sepuluh )
SEMESTER : I ( Satu )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit.
PERTEMUAN KE : 11 (Sebelas)
I. Standar Kompetensi :
Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
II. Kompetensi Dasar :
Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi gerak yang benar serta nilai disiplin, toleransi dan estetika
III. Indikator :
1. Melakukan gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik menggunakan alat
2. Melakukan rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik menggunakan alat
IV. Materi Pokok :
Gerak Ritmik
Rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada senam ritmik menggunakan pita atau tali
.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Berbaris, berdoa.
2. Peregangan dan pemanasan
b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode )
1. Secara klasikal berlatih gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik dengan menggunakan tali atau pita, diawali dengan cara memegang tali, ayunan dimulai dari bahu kemudian ke pergelangan, kedua kaki lurus melompat ke atas, gerakan harus ringan, tanpa suara saat mendarat (mengeper). Lompatan jangan terlalu tinggi agar tidak mudah terganggu oleh tali atau pita.
2. Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar ayunan lengan untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama
c. Penutup (Antara lain : Refleksi)
1. Berbaris kmudian duduk istirahat
2. Koreksi secara keseluruhan
3. Absensi
VI. Media dan Sumber Belajar :
Buku paket Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas X, Surakarta, Yudhistira, 2004
Tali atau pita
VII. Penilaian dan Tindak Lanjut
a. Penilaian : - Proses
- Hasil
b. Tindak lanjut
Bandung, Juli 2006
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 23 Bandung Guru Mata Pelajaran
Drs. Wardoyo, M.MPd
Pembina Tk. I Didin Rahmat SP.d
NIP 131275658 NIP. 132 108 311
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 23 BANDUNG
KELAS/PROGRAM : X ( Sepuluh )
SEMESTER : I ( Satu )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit.
PERTEMUAN KE : 11 (Sebelas)
I. Standar Kompetensi :
Mempraktikkan aktivitas ritmik tanpa alat dengan koordinasi yang baik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
II. Kompetensi Dasar :
Mempraktikkan keterampilan dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik menggunakan alat dengan koordinasi gerak yang benar serta nilai disiplin, toleransi dan estetika
III. Indikator :
1. Melakukan gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik menggunakan alat
2. Melakukan rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik menggunakan alat
IV. Materi Pokok :
Gerak Ritmik
Rangkaian gerak dasar ayunan lengan pada senam ritmik menggunakan pita atau tali
.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Berbaris, berdoa.
2. Peregangan dan pemanasan
b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode )
1. Secara klasikal berlatih gerak dasar ayunan lengan pada aktivitas ritmik dengan menggunakan tali atau pita, diawali dengan cara memegang tali, ayunan dimulai dari bahu kemudian ke pergelangan, kedua kaki lurus melompat ke atas, gerakan harus ringan, tanpa suara saat mendarat (mengeper). Lompatan jangan terlalu tinggi agar tidak mudah terganggu oleh tali atau pita.
2. Secara berkelompok siswa memodifikasi hasil latihan gerak dasar ayunan lengan untuk menghasilkan rangkaian langkah senam irama
c. Penutup (Antara lain : Refleksi)
1. Berbaris kmudian duduk istirahat
2. Koreksi secara keseluruhan
3. Absensi
VI. Media dan Sumber Belajar :
Buku paket Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas X, Surakarta, Yudhistira, 2004
Tali atau pita
VII. Penilaian dan Tindak Lanjut
a. Penilaian : - Proses
- Hasil
b. Tindak lanjut
Bandung, Juli 2006
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 23 Bandung Guru Mata Pelajaran
Drs. Wardoyo, M.MPd
Pembina Tk. I Didin Rahmat SP.d
NIP 131275658 NIP. 132 108 311