Friday, July 23, 2010

Home » » pemilihan lokasi sub terminal Cibeureum kaitannya dengan pengembangan wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya

pemilihan lokasi sub terminal Cibeureum kaitannya dengan pengembangan wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya



BAB I

PENDAHULUAN


1.1.    Latar Belakang
Dalam rangka meningkatan tarap hidup dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kota Tasikmalaya diperlukan adanya peningkatan di bidangg pembangunan. Dengan berubahnya status dari Kota Admistratif Tasikmalaya menjadi Kota Tasikmalaya termasuk di Kecamatan Cibeureum sehububungan Kecamatan Cibeureum termasuk wilayah Pemerintahan Kota Tasikmalaya.
Dalam penataan kota kecamatan Cibeureum yang harus dibangun diantaranya sub terminal Cibeureum karena sub terminal Cibeureum tidak ada. Terminal merupakan prasarana angkutan yang menjadi bagian dari sistem jalan raya dalam melancarkan arus angkutan penumpang dan menjadi unsur tata ruang yang mempunyai peranan penting bagi efisiensi kehidupan wilayah.
Untuk meningkatkan tertib lalu lintas kendaraan umum di Ibu Kota Kecamatan Cibeureum dan dengan semakin bertambahnya jumlah angkutan umum, maka para pemilik dan pengemudi angkutan umum serta permintaan dari masyarakat sangat menginginkan adanya sub terminal di Kecamatan Cibeureum. Karena jasa angkutan umum Cibeureum hanya sampai persimpangan Awipari, sehingga dipersimpangan tersebut suka menimbulkan kemacetan dan sering terjadi kecelakaan.
Karena sangat penting adanya sub terminal, maka pemilik para pemuilik, pengemudi angkutan umum, dan masyarakat mengajukan permohonan kepada pemerintah meminta segera dibangun sub terminal Cibeureum. Permohonan tersebut sebenarnya telah diusulkan pemerintah sejak tahun 1998. Pihak pemerintah menanggapi dengan baik atas permohonan tersebut, dan tepatnya pada bulan Maret tahun 2002 pemerintah Kota Tasikmalaya yang diwakili oleh BAPEDA, merencanakan akan dibangunnya sub terminal Cibeureum yang berlokasi di batas Kecamatan Manonjaya, tepatnya di kampung Kudang Desa Margabakti Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, atau batas wilayah antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kota Tasikmalaya Sebelah Timur.
Dengan rencana akan dibangunnya sub terminal Cibeureum, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di wilayah tersebut berkaitan dengan pemilihan lokasi sub terminal Cibeureum kaitannya dengan pengembangan wilayah Kecamatan Cibeureum  Kota Tasikmalaya.

1.2.    Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis merumuskan masalah sebagai berikut :
1.          Bagaimanakah pemilihan lokasi pembangunan sub terminal Cibeureum di Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.
2.          Bagaimanakah kaitannya dengan pengembangan wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.
1.3.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan perumusan masalah yang penulis kemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah :
1.           Untuk memperoleh data secara objektif tentang faktor-faktor yang dapat menunjang pemilihan lokasi pembangunan sub terminal Cibeureum di Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.
2.           Untuk melihat peluang pengembangan wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya.

1.4.    Kegunaan Penelitian
Kegunaan dari penelitian ini adalah :
1.            Untuk melihat faktor-faktor geografi yang menunjang pemilihan lokasi sub terminal Cibeureum di Kecematan Cibeureum Kota Tasikmalaya.
2.            Untuk melihat peluang pengembangan wilayah Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya secara objektif.

Share this article :