RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 23 BANDUNG
KELAS/PROGRAM : X ( Sepuluh )
SEMESTER : I ( Satu )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit.
PERTEMUAN KE : 8 ( Delapan )
I. Standar Kompetensi :
Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
II. Kompetensi Dasar :
1. Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
III. Indikator :
Melakukan rangkaian gerak senam menggunakan bantuan alat
IV. Materi Pokok :
Senam Lantai
Berguling ke depan menggunakan bantuan peti lompat
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Berbaris, berdoa.
2. Peregangan dan pemanasan
b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode )
1. Setelah melakukan peregangan secara klasikal siswa berlatih gerakan senam lantai tanpa alat seperti berguling ke depan dan belakang sebagai pemanasan.
2. Secara bergantian siswa melakukan awalan dengan keatas peti lompat.
3. Lakukan berguling ke depan diatas peti lompat dibantu dengan awalan lompat.
4.Secara perorangan melakukan gerakan berguling ke depan diatas peti dilanjutkan dengan latihan lecutan kedua kaki untuk mendarat di matras, dengan cara berdiri di depan peti, naik ke atas peti dengan tolakan kedua tangan saat posisi condong depan, masukkan kepala diantara kedua lengan untuk berguling ke depan, saat kaki akan menyentuh matras tolakan kedua kaki, lalu lemparkan kedua kaki ke depan untuk mendarat.
c. Penutup (Antara lain : Refleksi)
1. Berbaris kmudian duduk istirahat
2. Koreksi secara keseluruhan
3. Absensi
VI. Media dan Sumber Belajar :
Buku sumber Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas 1, Surakarta, Yudhistira, 2004
Matras senam lantai, peti lompat
VII. Penilaian dan Tindak Lanjut
a. Penilaian : - Proses
- Hasil
b. Tindak lanjut
Bandung, Juli 2006
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 23 Bandung Guru Mata Pelajaran
Drs. Wardoyo, M.MPd
Pembina Tk. I Didin Rahmat SP.d
NIP 131275658 NIP. 132 108 311
MATA PELAJARAN : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
SATUAN PENDIDIKAN : SMAN 23 BANDUNG
KELAS/PROGRAM : X ( Sepuluh )
SEMESTER : I ( Satu )
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 Menit.
PERTEMUAN KE : 8 ( Delapan )
I. Standar Kompetensi :
Mempraktikkan keterampilan rangkaian senam lantai dan nilai nilai yang terkandung di dalamnya
II. Kompetensi Dasar :
1. Mempraktikkan rangkaian senam lantai dengan menggunakan bantuan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggungjawab dan menghargai teman
III. Indikator :
Melakukan rangkaian gerak senam menggunakan bantuan alat
IV. Materi Pokok :
Senam Lantai
Berguling ke depan menggunakan bantuan peti lompat
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Berbaris, berdoa.
2. Peregangan dan pemanasan
b. Kegiatan Inti ( Antara lain : Skenario Pembelajaran, metode )
1. Setelah melakukan peregangan secara klasikal siswa berlatih gerakan senam lantai tanpa alat seperti berguling ke depan dan belakang sebagai pemanasan.
2. Secara bergantian siswa melakukan awalan dengan keatas peti lompat.
3. Lakukan berguling ke depan diatas peti lompat dibantu dengan awalan lompat.
4.Secara perorangan melakukan gerakan berguling ke depan diatas peti dilanjutkan dengan latihan lecutan kedua kaki untuk mendarat di matras, dengan cara berdiri di depan peti, naik ke atas peti dengan tolakan kedua tangan saat posisi condong depan, masukkan kepala diantara kedua lengan untuk berguling ke depan, saat kaki akan menyentuh matras tolakan kedua kaki, lalu lemparkan kedua kaki ke depan untuk mendarat.
c. Penutup (Antara lain : Refleksi)
1. Berbaris kmudian duduk istirahat
2. Koreksi secara keseluruhan
3. Absensi
VI. Media dan Sumber Belajar :
Buku sumber Pendidikan Jasmani, Agus Mukholid, untuk kelas 1, Surakarta, Yudhistira, 2004
Matras senam lantai, peti lompat
VII. Penilaian dan Tindak Lanjut
a. Penilaian : - Proses
- Hasil
b. Tindak lanjut
Bandung, Juli 2006
Mengetahui
Kepala SMA Negeri 23 Bandung Guru Mata Pelajaran
Drs. Wardoyo, M.MPd
Pembina Tk. I Didin Rahmat SP.d
NIP 131275658 NIP. 132 108 311